Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

HaiDancok.com Ketika seseorang ingin membuka sebuah usaha baru dari nol tentunya membutuhkan sebuah modal. Modal tersebut bisa sedikit maupun banyak tergantung dengan usaha apa yang akan digelutinya. Terkadang seseorang membutuhkan modal yang banyak akan tetapi tidak bisa mendapatkannya dengan alasan tidak adanya orang yang akan memodalinya. Sebagai seorang muslim tentunya menginginkan sebuah modal yang halal. Maka dari itu dibutuhkan sebuah modal usaha tanpa riba untuk menjadikan usahanya halal dan barokah.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

8 Rekomendasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba Yang Bisa Dilakukan

Ketika kita memulai usaha kita dengan tidak menggunakan uang riba maka kita akan mendapatkan hasil yang barokah dari usaha yang kita lakukan tersebut. Berikut yang bisa anda lakukan dalam memperoleh modal tersebut:

  1. Membuka usaha dengan meminjam modal kepada orang tua dengan pengembalian tanpa adanya tambahan tertentu. Hal ini dilakukan karena ketika ada tambahan maka disebut juga dengan riba
  2. Membuka usaha dengan modal usaha dari warisan orang tua. Modal ini termasuk kedalam modal yang halal
  3. Membuka usaha dengan modal dari orang tua.
  4. Memulai usaha dengan uang dari istri, dan mengembalikanya tanpa adanya tambahan
  5. Memulai usaha dengan modal dari mertua dan untuk pengembalianya dengan tanpa adanya sebuah tambahan
  6. Membuka usaha dengan cara membuat sebuah arisan modal usaha. Untuk memulai membuat arisan seperti ini caranya cukup mudah. Cukup mengumpulkan pelaku usaha dengan perjanjian yang tanpa adanya sebuah kecurangan yang merugikan setiap anggota.
  7. Mendapatkan modal usaha dengan bekerja sama kepada lembaga syariah tertentu. Meski demikian anda juga sangat perlu berhati-hati dalam memilih lembaga ini. Bisa jadi lembaga yang anda pilih menggunakan sistem riba meskipun sudah anda label syariahnya. Hal ini sudah biasa terjadi.
  8. Memulai usaha dengan menjual asset berharga anda untuk menjauhkan dari modal yang riba. Bisa menjual emas,motor ataupun yang lainnya. Namun sebagian orang enggan melakukan hal ini, karena mereka beranggapan bahwa ketika usaha yang dilakukan gagal, maka lenyap sudah harta yang mereka miliki karena sudah dijual.
  9. Memulai usaha dengan menjual rumah yang anda miliki kemudian sisakan beberapa untuk anda mengontrak tempat usaha sekaligus sebagai tempat tinggal anda.
  10. Memulai usaha dengan bekerja sama dengan teman atau keluarga anda. Hal ini dengan perjanjian yang saling menguntungkan
  11. Memulai usaha anda dengan mencari investor untuk modal usaha anda. Baik investor aktif maupun investor pasif sehingga anda bisa melakukan kerjasama.
  12. Memulai usaha dengan cara barter. Cara ini dilakukan dengan menukar barang yang anda miliki dengan barang yang anda butuhkan untuk memulai usaha anda
  13. Memulai usaha dengan mencaru supplier yang pembayaranya bisa dilakukan dibelang
  14. Memulai usaha anda dengan teman atau kolega anda yang memilki usaha yang sama. Usaha tersebut dikerjakan dengan sama-sama dengan sebuah perjanjian jika untung dan rugi akan dibagi bersama sesuai dengan jobnya masing- masing
  15. Memulai usaha anda dengan mencari investor dari luar Negeri
  16. Memulai usaha dengan menawarkan produk kepada pelaku usaha lain dengan perjanjian memberikan uang muka terlebih dahulu. Baru setelah itu pesanan akan diberikan.
7 Usaha Mandiri Untuk Wanita Dalam Era Globalisasi

Penutup

Demikian beberapa tips dan trik mengenai cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya halal dan baik. Untuk itu sebagai seorang muslim seharusnya memulai usaha dengan salah satu hal diatas untuk mendapatkan rizki yang halal.  Semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat. Amiin

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: